Saturday, 1 December 2012

Beberapa kesalahan wanita setelah bercerai

Akhir akhir ini sering kita mendengar berita mengenai perceraian di media masa yang selalu di liput terutama para selebritis indonesia yang sudah menjadi berita hits di tanah air.ironisnya permasalahannya perceraiannya karena masalah sepele karena ada pihak ke 3 yang yang selalu mengganggu hubungan dari salah 1 pasangan tsb namun sisi lain juga banyak.

Dalam hal ini saya akan melihat sisi financial bila perceraian ini terjadi mungkin bisa di bilang ada yang mendapatkan keuntungan atau tidak mendapatkan keuntungan. Bagi para selebritis bila perceraian ini terjadi masing masing sebelumnya sudah mempunyai pundi pundi keuangan selama menjadi selebrities di bidangnya masing masing tapi bagaimana bila ini terjadi bagi pasangan biasa dimana suami satu satunya sebagai pencari nafkah istri sebagai Ibu Rumah tangga di rumahnya,entu anda sudah bisa menebak bukan ada sisi financial yang merasa di rugikan yaitu Kaum wanita.

Setelah bercerai, perempuan mendapatkan bagian kekayaan dari kehidupannya selama berumah tangga. Berapa bagian yang ia dapatkan, semuanya tergantung kesepakatan pasangan itu. 

Bagaiman kelanjutannya apakah wanita akan bekerja untuk menghidupinya sambil menunggu pasangan barunya atau memulai usaha dari bagian kekayaan yang di dapatkan ?
Dikutip dari laman Huffingtonpost, Jeffery A. Landers, seorang pakar keuangan pascaperceraian berkata, ada beberapa jenis kesalahan umum yang diperbuat wanita setelah kembali ''single''.

Tidak membuat perencanaan keuangan
Pepatah lama menyebutkan, "Dia yang tidak membuat rencana adalah orang yang berencana untuk gagal". Maka dari itu, buatlah perencanaan keuangan agar Anda mengeluarkan dana sesuai budget.

Membalas dendam
Peceraian adalah momen buruk bagi setiap pasangan. Biasanya wanita akan merasa sedikit lebih baik dengan mengesek sebanyak-banyaknya kartu kredit. Namun, Anda harus melawan dorongan itu. Karena pada akhirnya, Anda harus sepenuhnya bertanggung jawab atas tagihan belanjaan.
 
Jangan lupa coret nama mantan dari segala aset
Setelah bercerai, jangan lupa coret nama mantan suami dari segala aset yang menjadi milik Anda. Misal pastikan ubah surat wasiat, asuransi medis, dan dana pensiun. Jika tidak, maka ia memenuhi syarat untuk mendapatkan sebagian kekayaan Anda itu.

Terburu-buru mencari pengganti
Berkencan merupakan salah satu cara untuk memulai ''lembaran baru''. Namun terkadang wanita seringkali terburu-buru menjalin hubungan pasca bercerai. Dan berakhir pada kondisi keuangan yang menyedihkan. Apakah Anda memiliki cukup uang untuk membayar tiket pesawat, baju baru, atau keanggotaan klub golf untuk pasangan baru? Atau meminjamkan uang untuk mereka? Jawabannya: tidak!
 
Saran saya : 
Sebaiknnya wanita mememiliki financial planing pada saat sebelum menikah 
biasanya  orang tuanya sudah mengikut sertakan pada saat ia masih balita dengan Plan : Education Plan,University Plan dll.
Namun jika belum merencanakan keuangan bisa di mulai pada saat anda sudah mulai bekerja. 
 
 

No comments:

Post a Comment