Saturday 1 December 2012

Serviks Pembunuh Banyak Wanita

Tahukah Ladies, bahwa dalan setiap jam wanita di Indonesia meninggal  akibat kanker serviks atau lebih dikenal dengan kanker mulut rahim. Bahkan dalam setiap menit wanita di seluruh dunia meninggal karna kanker yang mematikan ini.

 Kanker Serviks (Kanker Mulut Rahim) adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks, letaknya di bagian terendah mulut rahim dan menempel pada puncak vagina. Kanker Serviks atau disebut juga dengan “Silent Killer”,karna kanker jenis ini sangat sulit dideteksi. Perjalanan dari infeksi virus menjadi kanker membutuhkan waktu yang lama, sekitar 10-20 tahun. Oleh karena itu informasi tentang kanker serviks mutlak diketahui oleh para wanita.
Kanker Serviks disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV), jenis virus yang bersifatinkogenit (penyebab kanker). Kanker serviks terjadi jika sel-sel serviks menjadi abnormal dan membelah secara tak terkendali. Jika sel serviks akan terus membelah maka akan terbentuk suatu massa jaringan yang disebut dengan tumor yg bias bersifat jinak atau ganas. Jika tumor tersebut ganas, maka keadaannya adalah kanker serviks.
 
Beberapa penyebab terjadinya kanker serviks tidak diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor resiko yang berpengaruh terhadap terjadinya kanker serviks:
 
- HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini dapat menyebar lewat sentuhan, misalnya ada virus HPV di tangan Ladies, lalu Ladies menyentuh daerah genitak, maka daerah serviks Ladies dapat terinfeksi.Atau bias juga dari kloset di WC umum yang sudah terkontaminasi virus (jadi sebelum duduk Ladies harus selalu membersihkannya dengan alcohol)
- Wanita di atas usia 35 tahun rentan terkena kanker serviks. Hal ini dikarenakan system imun dalam tubuh semakin lemah.
- Berganti-ganti partner Seks. Virus HPV dapat menular melalui hubungan seksual. SeLadiesinya seorang pria berhubungan seks dengan seorang wanita yang menderita kanker serviks, kemudian pria itu berhubungan seks dengan pasangannya, maka virus HPV dapat menukar dan menginfeksi pasangannya.
- Membasuh atau membersihkan genital dengan air yang tidak bersih.
- Pemakaian pembalut yang mengandung dioksin (bahan pemutih yang dipakai untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang daribahan bekas)
- Daya tahan tubuh lemah, kurangnya konsumsi vitamin C, E &asam folat.
- Kebiasaan merokok
- Pemakaian pil KB
- Infeksi herpes genital atau infeksi klamidia menahun
 
Jika sel-sel abnormal menyebar lebih dalam ke dalam serviks atau jaringan maupun organ lainnya, maka keadaannya disebut kanker serviks invasif.
Adapun gejala dari kanker serviks adalah:
  1. Pendarahan pada vagina saat berhubungan intim
  2. Menstruasi abnormal (lebih lama dan lebih banyak)
  3. Keputihan yang tidak kunjung sembuh, biasanya berwarna pink, coklat atau mengandung darah atau hitam serta berbau busuk.
  4. Sakit di saat berhubungan intim
  5. Pada stadium lanjut: kurang nafsu makan
  6. Sakit punggung atau tidak bisa berdiri tegak
  7. Sakit di otot bagian paha
  8. Salah satu paha bengkak
  9. Berat badan menurun
  10. Tidak dapat buang air kecil
  11. Bocornya urine dari vagina
  12. Pendarahan spontan setelah masa menopause
  13. Tulang yang rapuh dan nyeri panggul
sumber :duniakesehatan.org

contoh perhitungan Plan Ladies care AXA
Lady Care adalah paket produk yang menyediakan perlindungan jiwa dan kesehatan khusus bagi wanita yang cenderung mempunyai risiko kesehatan berbeda dibanding pria. Paket produk ini juga tersedia pada produk unit link syariah.

Fakta-fakta:

  • Setiap 1 jam seorang wanita meninggal dunia karena kanker leher rahim.
  • Kanker leher rahim merupakan kanker yang paling banyak diderita wanita di dunia dan terdapat 500 kasus baru setiap tahunnya.
  • Pada usia 15-64 tahun, wanita Indonesia yang berisiko menderita kanker leher rahim mencapai 58 juta orang; sedangkan pada usia 10-14 tahun jumlahnya mencapai 10 juta wanita.
  • Kanker payudara merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang diderita wanita Indonesia setelah kanker leher rahim
  • Lebih dari 70% penderita kanker payudara ditemukan pada stadium lanjut.

















Klik 2x untuk mendapatkan gambar leih besar

No comments:

Post a Comment