Monday 26 November 2012

Berita

 1,2 juta warga berobat ke luar negeri

Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menjelaskan, hasil analisa kecenderungan orang Indonesia yang berobat ke luar negeri dalam setahun rata-rata ada 1,2 juta orang.

"Dengan kondisi seperti ini, rata-rata uang Indonesia yang lari ke luar per tahun sebesar Rp1,2 triliun. Angka ini sangat besar dan kontraproduktif dengan upaya pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai wisata kesehatan," kata Mari Elka di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Menurut dia, jumlah ini bisa dicegah dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan mulai dari fasilitas dan sumber daya manusia (SDM).

"Saat ini sudah banyak rumah sakit di Indonesia, baik swasta maupun pemerintah yang memiliki sertifikasi internasional dari segi pelayanan, SDM, fasilitas dan sebagainya," ujar Mari Elka.

Ia berharap dengan data ini tidak banyak lagi orang Indonesia yang berobat ke luar negeri karena fasilitas dalam negeri sudah tersedia dan memadai," ucapnya.

Menyinggung pengembangan wisata kesehatan, kata Mari Elka, pemerintah sudah mengembangkan rumah sakit yang bisa melayani wisata kesehatan di lima lokasi di Indonesia.

Kelima lokasi tersebut antara lain di Bali, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Manado. Lokasi tersebut kemungkinan besar akan terus dikembangkan di beberapa lokasi lainnya.

Menparekraf mengatakan, saat ini tren wisata kesehatan semakin tinggi di dunia. Bahkan beberapa studi kasus menunjukkan, estimasi pengeluaran wisata kesehatan meningkat hingga 100 miliar dolar AS per tahun di tahun 2012. Peningkatan itu terjadi untuk "wellness tourism" maupun untuk "healthcare tourism".

"Peningkatan diperkirakan mencapai 20 hingga 30 persen dari tahun 2010 yang hanya mencapai 78,5 miliar dolar AS," ujarnya.

(I020/C004)
Editor: Tasrief Tarmizi

 http://www.antaranews.com/berita/338300/mari-12-juta-warga-berobat-ke-luar-negeri

No comments:

Post a Comment